Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menyiapkan Se'i sapi Enak

Se'i sapi. Bu sayfaya yönlendiren anahtar kelimeler. sei sapi, sei sapi bandung, sei sapi lamalera, se'i sapi lamalera menu, se'i sapi lamalera dago menu, It is an icon with title Back. Se'i Sapi adalah makanan khas Kupang Nusa Tenggara Timur. Dibuat dari daging sapi Timor yang dikenal mempunyai tekstur serat daging yang lebih padat dan.

Se'i sapi Se'i or sei is a Indonesian smoked meat from Kupang, Timor island, East Nusa Tenggara, Indonesia. Today, the most popular se'i meat is pork. Se'i merupakan daging asap khas Nusa Tenggara Timur. Anda dapat membuat Se'i sapi menggunakan 14 bahan dan 3 langkah-langkah. Inilah langkah masaknya.


Se'i sapi

Bahan yang dipake membuat Se'i sapi

  1. Anda memerlukan 300 gr >> sapi slice (bisa pake lidah sapi juga ya).
  2. Gunakan iris >> bumbu.
  3. Siapkan 10 bh >> cabe rawit embe (sesuai selera).
  4. Gunakan 12 bh >> cabe merah kriting (sesuai selera).
  5. Gunakan 15 bh >> bawang merah (sesuai selera).
  6. Anda memerlukan 2 btg >> serai (sesuai selera).
  7. Anda memerlukan 7 lbr >> daun jeruk (sesuai selera).
  8. Gunakan 1 sdm >> air jeruk lemon + 5sdm minyak sayur.
  9. Anda memerlukan >> Bumbu Marinate.
  10. Gunakan 2 sdm >> saos tiram.
  11. Siapkan 2 sdm >> kecap asin.
  12. Siapkan 1 sdm >> kecap manis.
  13. Gunakan 2 sdm >> minyak wijen.
  14. Siapkan 2 sdm >> margarin untuk memasak daging.

Cara pengolahannya dimasak dengan kayu bakar berjarak jauh, sehingga bukan lidah api yang mematangkan daging, melainkan asap panas. Di Malang, se'i sapi disuguhkan oleh kedai Se'i Sapi Atambua, Se'i Sapi Mamtua, dan ChaCha Se'i Sapi Kupang. Sudah ngiler belum dengan masakan ini? Siap dimakan langsung atau dimasak/panggang/goreng ulang.

Caramemasak Se'i sapi

  1. Marinate slice daging dengan cara campurkan semua bumbu marinate lalu masukkan daging sapi tunggu minimal 15menit lebih juga boleh.
  2. Selagi tunggu marinate siapkan bumbu untuk sambal matahnya cuci bersih dan iris tipis semua bahan, setelah di iris aduk semua bahan tambahan air lemon (saya aduknya pake tangan biar rata dan meresap -pake sarung tangan yaa soalnya itu caplbe takut panas di tangan kalo gak pake sarung tangan plastik). setelah selesai semua panaskan minyak sayur dan tuang minyak sayur tsb ke semua bahan yang sudah diiris aduk - jadi deh samal matahnya.
  3. Setelah marinate selesai panaskan margarine, masaka daging slice, setelah matang hidangkan dengan nasi panas dan siram dengan sambal matahnya.

Se'i sapi di sini sedikit lebih tipis, namun dengan campuran bumbu rahasia yang mampu menaikkan cita rasa gurihnya. Digoreng tanpa minyak layaknya bacon, se'i sapi di sini memiliki hasil akhir. Saya memesan Se'i Sapi Sambal Lu'at di Se'i Sapi Lamalera Bandung dan ternyata daging asap Nah, kebetulan lagi di Bandung dan bingung mau makan di mana nih, akhirnya nyobain Se'i Sapi. Kabarnya, se'i sapi ini tengah jadi kuliner yang digandrungi masyarakat Bandung. Nanda memesan Se'i Sapi dan Sambal Lu'at, yang kalo menurut si pramusaji adalah tipe se'i yang paling original.