Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Memasak Brengkes Tempoyak Kakap Simpel

Brengkes Tempoyak Kakap. Brengkes ikan patin adalah salah satu makanan yang berasal dari kota Palembang. dengan cita Brengkes sendiri dalam bahasa Palembang yang artinya pepes atau bahasa dusun nya yaitu paisan. Brengkes tempoyak is one of the most popular dishes from South Sumatera, Indonesia. This tasty dish is made up of a catfish wrapped in a banana leaf.

Brengkes Tempoyak Kakap RESEP BRENGKES, PEPES ATAU PAIS IKAN PATIN TEMPOYAK. Sebuah makanan bila dikombinasikan dengan rasa khas durian memang memberikan citarasa yang sangat mengagumkan. Proses fermentasi yang dilalui tempoyak durian memberikan rasa asam, gurih, dan wangi yang unik. Anda dapat membuat Brengkes Tempoyak Kakap menggunakan 15 bahan dan 4 langkah-langkah. Inilah langkah membuatnya.


Brengkes Tempoyak Kakap

Bahan yang diperlukan memasak Brengkes Tempoyak Kakap

  1. Gunakan 2 potong besar >> Kakap Hitam (bagian badan).
  2. Siapkan 200 gr >> tempoyak (fermentasi durian).
  3. Anda memerlukan >> Daun ruku-ruku (bisa diganti kemangi).
  4. Anda memerlukan 1 batang >> sereh, belah dua.
  5. Gunakan 1 sdt >> garam halus.
  6. Siapkan 1 sdt >> kaldu bubuk.
  7. Gunakan 1 sdm >> gula pasir.
  8. Gunakan >> Daun pisang dan tusuk gigi untuk membungkus pepesan.
  9. Gunakan >> Bumbu yang dihaluskan.
  10. Gunakan 5 siung >> bawang merah.
  11. Gunakan 5 siung >> bawang putih.
  12. Siapkan 100 gr >> cabe merah keriting.
  13. Anda memerlukan 5 buah >> cabe setan.
  14. Anda memerlukan 1 ruas >> kunyit.
  15. Anda memerlukan 1 ruas >> lengkuas.

Brengkes tempoyak ikan patin. (SUMATERA SELATAN) Sebuah makanan bila dikombinasikan dengan rasa khas durian memang memberikan citarasa yang sangat mengagumkan. Shutterstock koleksiyonunda HD kalitesinde brengkes tempoyak temalı stok görseller ve milyonlarca başka telifsiz stok fotoğraf, illüstrasyon ve vektör bulabilirsiniz. · Ikan Patin Masak Tempoyak Temerloh -…Documents. lele, ikan nila, ikan mas, ikan patin,jkan gurame dan udang galah,. Brengkes Patin Tempoyak (Masakan tempoyak ala Palembang) Post under Kuliner Untuk orang palembang asli tentu ngak asing lagi dengan masakan satu ini :) Brengkes tempoyak. Fermented durian, or tempoyak, is a traditional condiment in Malaysia and Indonesia often mixed with coconut milk curries or pounded with chilies into a spicy dip.

Caramembuat Brengkes Tempoyak Kakap

  1. Bersihkan ikan, ikan yang saya pilih kakap karena dideretan ikan laut lumayan manis ketimbang yang lain. Bisa juga kalo buibu mau ganti sama ikan yang lain yaa.
  2. Siapkan wadah agak besar (kira2 bisa buat masukin ikan tadi), lalu masukkan tempoyak dan bumbu yang sudah dihaluskan tadi. Masukkan garam, gula, dan kaldu bubuk kedalamnya. Aduk sampai rata, koreksi rasa. Masukkan sereh yang sudah dibelah dua. Masukkan ikan kedalamnya, tutupi semua bagian ikan dengan bumbu. Diamkan kurleb 1 jam (masukin ke kulkas).
  3. Siapkan daun pisang (di layur di atas api sebelumnya biar gampang di bentuk). Susun dengan urutan : tempoyak - ikan - tempoyak - sereh - daun ruku2. Kukus selama 30menit. Lalu angkat dan sajikan dengan lalapan dan nasi hangat.
  4. Tambahan : jadi ada sedikit sisa bumbu tadi aku masukin teri medan kedalamnya. Jadilah ada tambahan pepesan teri 😁 kalo nanti buibu ada sisanya juga bisa d tambahin udang atau teri juga ya..

It was developed as a way to both use. From Wikimedia Commons, the free media repository. Keterangan : Tempoyak adalah semacam terasi dibikin dari durian. Tags: brengkes, daun pisang, ikan air tawar, laos, tempoyak. Campurkan bumbu Halus dengan tempoyak hingga.