Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep: Empal daging manis kelapa Simpel

Empal daging manis kelapa. Sajian sedap yang begitu nikmat yang hadir sebagai menu makanan tentu saja akan tersaji begitu menggoda. Apalagi jika dihidangkan sewaktu perut terasa lapar, sudah pasti menu makanan yang disajikan di meja makan akan habis disantap tanpa menyisakan sedikitpun. Empal gentong merupakan kuliner khas Cirebon.

Empal daging manis kelapa Cobalah resep empal daging berikut untuk disajikan dengan sepiring nasi hangat Umumnya empal daging berasal dari daging sapi yang dipotong atau diiris sesuai seratnya. Daging ini kemudian direbus setengah matang, baru. Empal Manis menggunakan teknik gepuk atau pukul-pukul agar daging lebih empuk. Anda dapat memasak Empal daging manis kelapa memanfaatkkan 11 bahan dan 6 langkah-langkah. Inilah langkah memasaknya.


Empal daging manis kelapa

Bahan yang diperlukan membuat Empal daging manis kelapa

  1. Gunakan 500 gr >> daging sapi.
  2. Siapkan 100 ml >> santan kental (saya pakai santan instan).
  3. Anda memerlukan 100 ml >> santan kental dicampur dgn 750 ml air.
  4. Gunakan 1/4 butir >> kelapa muda diparut.
  5. Anda memerlukan 1 batang >> serai (digeprek) 2 lembar daun salam.
  6. Siapkan 2 sdm >> irisan gula merah 4 sdm gula pasir.
  7. Anda memerlukan 1 sdm >> air asam jawa 1 sdt lada bubuk, 1 std garam.
  8. Siapkan >> Bumbu yg dihaluskan :.
  9. Siapkan 5 siung >> bawang merah -2 siung bawang putih.
  10. Gunakan 5 butir >> kemiri.
  11. Gunakan 1 sdm >> ketumbar(jika tidak suka, tidak usah pakai).

Cocok juga disantap bersama nasi merah dan sambal untuk Tuang air/air kelapa hingga daging terendam. Resep Empal Daging - Ketika dibingungkan dengan menu masakan untuk hari ini, banyak orang yang memilih menu-menu instan dengan waktu penyajian yang tak Beragam resep empal daging yang tersedia bisa dipilih dari mulai yang sederhana sampai yang membutuhkan aneka bumbu komplit. Empal daging sebenarnya mirip dengan Dendeng Ragi. Bedanya dendeng ragi berselimut bumbu kelapa.

Prosedurmembuat Empal daging manis kelapa

  1. Rebus daging dengan 100 ml santan kental, 750 ml air, serai,daun salam, air asam, gula merah, gula pasir, lada dan garam, sampai matang. (kalau pakai panci presto skitar 35 menit).
  2. Setelah matang, angkat daging dan dipotong melintang serat skitar 1/2 -1 cm. Kemudian pipihkan dengan ulekan. Tusuk daging dgn tusukan sate/tusuk gigi agar tidak lepas..
  3. Masukan kembali daging yg telah ditusuk kedalam air rebusan yg tadi. Masukan 100 ml santan kental, bumbu yg dihaluskan dan kelapa parut. (tambahkan air bila diperlukan sampai daging teremdam).
  4. Masak sambil sesekali diaduk perlahan sampai air rebusan mengering, angkat daging dan dinginkan..
  5. Tinggal di goreng deeeh.....
  6. Makan bersama nasi putih hangat dan cabe rawit atau sambel...👍👍😋.

Kunci kenikmatan Empal Daging terletak pada keseimbangan rasa asin dan manis disertai sedikit sentuhan asam. Karena di daerah kampung saya, empal daging itu berarti daging sapi yang digoreng empuk dengan cara memukul mukul dagingnya atau lebih dikenal Seperti Resep Masakan Indonesia yang lain yang menggunakan bahan daging sapi dan jeroan sebagai isian utamanya, Resep Empal Gentong Enak. Resep empal daging - Daging merupakan salah satu kuliner favorit masyarakat. Berbicara mengenai daging tentu tidak jauh dari yang namanya empal. Empal daging sambal kedondong ini ternyata mudah untuk dimasak.