Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Memasak Tempoyak ikan patin khas Jambi Enak

Tempoyak ikan patin khas Jambi. Aku lupa harga pasti setiap item nya ini berapa. trus bukti pembayarannya ga tau dimna. mungkin ketinggalan dijambi, dan aku udah pulang ke jkt. alamat. Tempoyak diriwayatkan dalam Hikayat Abdullah sebagai makanan sehari-hari penduduk Terengganu. Dari Raja hingga rakyat jelata sangat populer olahan fermentasi durian ini.

Tempoyak ikan patin khas Jambi Tempoyak sendiri adalah jenis makanan dari bahan dasar buah durian yang difermentasi. Ini adalah tempoyak ikan patin. apa sih itu tempoyak? Nah pemirsah, tempoyak itu adalah makanan khas jambi yang berasal dari fermentasi. Anda dapat membuat Tempoyak ikan patin khas Jambi memanfaatkkan 13 bahan dan 6 langkah-langkah. Inilah cara masaknya.


Tempoyak ikan patin khas Jambi

Bahan yang diperlukan membuat Tempoyak ikan patin khas Jambi

  1. Siapkan 1 ekor >> ikan patin yg sudah di potong2.
  2. Siapkan 200 gram >> tempoyak.
  3. Siapkan 1 ruas >> kunyit.
  4. Anda memerlukan 6 batang >> Cabai merah.
  5. Siapkan 7 batang >> Cabai rawit hijau.
  6. Gunakan 1/2 sdm >> garam halus.
  7. Anda memerlukan 2-3 sendok makan >> gula / sesuai selera (kadang nemu daging tempoyak yg aseeem bgt jd butuh gula cukup banyak sesuai lidah masing2).
  8. Gunakan 1 sdt >> masako / Maggie / royco.
  9. Gunakan >> Air 150ml - 200ml.
  10. Gunakan >> Bahan pelengkap.
  11. Siapkan 1 buah >> timun.
  12. Siapkan 1 batang >> cabai merah iris miring.
  13. Anda memerlukan 2 batang >> serai geprek.

Masakan khas Palembang berupa tempoyak ikan patin yang bercita rasa manis dan pedas. Adonan tempoyak dibuat dengan cara menyiapkan daging durian, baik durian lokal atau durian monthong (kurang bagus karena terlalu banyak mengandung gas dan air). Gulai Ikan patin tempoyak - masakan dari gulai ikan khas dari Jambi, dengan ikan patin yang empuk akan terasa lezat Gulai ikan patin tempoyak - resep masakan dari ikan : resep kali kami Petua menghilangkan hanyir dan lendir ikan patin ialah dengan melumur ikan patin dgn tepung gandum. Proses memasak tempoyak khas Jambi juga sangat mudah, cukup menyiapkan ikan segar, cabai, kunyit dan serai.

Prosedurmembuat Tempoyak ikan patin khas Jambi

  1. Blender/giling kunyit, cabai merah & cabai rawit hingga halus.
  2. Siapkan kuali bersih, masukkan bumbu halus & tempoyak ke dalam kuali n campur bumbu hingga rata. Kemudian masukkan gula, garam, penyedap rasa serta serai. Aduk2 hingga tercampur rata..
  3. Hidupkan kompor, masukkan air dan masak kuah tempoyak hingga setengah Mateng. Lalu masukkan ikan patin & potongan timun (step ini tolong jangan sering di bolak balik ikannya, takut hancur) aduk perlahan saja..
  4. Masak dengan api kecil selama kurang lebih 10menit - 12menit.
  5. Tempoyak siap di sajikan untuk keluarga tersayang..
  6. Fyi: aku suka tempoyak kental dan cenderung pedas manis.

TV - Saat musim Durian tiba, tidak saja disantap buahnya di jambi buah durian yang tidak termakan bisa difermentasi untuk tahan lama, namanya tempoyak. Berikut bumbu - bumbu yang perlu dihaluskan. ketumbar sedikit saja kemiri sedikit saja cabai merah secukupnya, ini hanya berfungsi untuk mempercantik warna saja ya cabai rawit sesuai. Tempoyak ikan patin, Pangasius in sweet and spicy tempoyak sauce, specialty of Palembang. Brengkes Tempoyak Ikan Patin recipe Palembang style steamed pangasius fish with spicy tempoyak in banana leaf package recipe, from Femina. Kuliner Tradisional Khas Jambi Tempoyak Ikan Patin Sajian Khas Melayu.