Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Gampang Menyiapkan Bola Bola Daging Rendang Simpel

Bola Bola Daging Rendang. Bola-bola daging bisa dibuat menggunakan alat food processor. Jangan sering mengaduk rendang saat bola daging baru saja dimasukkan. Lihat juga resep Bola Daging Giling Asam Manis enak lainnya!

Bola Bola Daging Rendang Membuat rendang bola-bola daging ini bisa jadi jauh lebih praktis ketimbang rendang biasa, lo. Soalnya, bola-bola dagingnya lebih mudah empuk dan menyerap bumbu. Duh, jadi tidak sabar untuk segera mencobanya. Anda dapat memasak Bola Bola Daging Rendang memanfaatkkan 26 bahan dan 3 langkah-langkah. Inilah cara membuatnya.


Bola Bola Daging Rendang

Bahan yang diperlukan membuat Bola Bola Daging Rendang

  1. Gunakan 250 gr >> daging sapi, potong2.
  2. Gunakan 250 gr >> daging sapi, blender halus.
  3. Siapkan >> santan kental dari 1 1/2 kelapa tua.
  4. Siapkan 1/2 >> kelapa, parut, sangrai.
  5. Gunakan 1 sachet >> royco bubuk.
  6. Anda memerlukan 2 btg >> sereh, geprek, simpulkan.
  7. Gunakan 2 lbr >> daun salam.
  8. Anda memerlukan 1 lbr >> daun kunyit ukuran besar, simpulkan.
  9. Gunakan 4 lbr >> daun jeruk purut.
  10. Gunakan >> Bumbu Halus:.
  11. Siapkan 100 gr >> cabe merah giling.
  12. Gunakan 10 bh >> cabe rawit.
  13. Siapkan 20 bh >> bawang merah.
  14. Anda memerlukan 5 siung >> bawang putih.
  15. Siapkan 1 ruas >> jahe.
  16. Siapkan 2 ruas >> lengkuas.
  17. Anda memerlukan 1/2 sdt >> jinten.
  18. Siapkan 1/2 sdt >> adas manis.
  19. Siapkan 1 btr >> pala.
  20. Gunakan 4 butir >> cengkeh.
  21. Gunakan 3 butir >> kemiri.
  22. Gunakan 3 sdt >> ketumbar bubuk.
  23. Anda memerlukan 1/4 sdt >> merica bubuk.
  24. Anda memerlukan 1 sdt >> garam kasar.
  25. Anda memerlukan 1 sachet kecil >> royco rasa sapi.
  26. Siapkan 1/8 sdt >> penyedap (bole ganti gula).

Masukkan bola-bola daging yang sudah dibulatkan dan aduk-aduk hingg berubah warna menjadi lebih coklat. Setelah itu, tuangakn bawang merah dan jahe kedalamnya hingga tercium bau harum yang sedap. Masukkan potongan tomat dan aduk-aduk hingga layu secara merata, setelah itu tuangkan air dan masak hingga mendidih. Saatnya inspirasi kuliner nusantara dengan rasa pedas yang khas.

Tata caramemasak Bola Bola Daging Rendang

  1. Sangrai kelapa parut hingga kuning kecoklatan, giling hingga halus, kemudian campurkan bersama daging giling, 1 sachet royco bubuk dan 1sdm bumbu halus, aduk rata.
  2. Bulatkan adonan daging (jangan besar2 ea moms biar cepat mateng), sebagian bumbu halusnya campurkan pada potongan daging yg tidak dihaluskan dan diamkan sekitar 15menit, kemudian sisa bumbu halus lainnya campurkan pada santan dan bahan daun lainnya.
  3. Masak santan hingga mendidih sambil diaduk sekali2 agar santan tidak pecah, ketika santan sudah mendidih masukan potongan daging, masak sampe daging separo matang, kemudian masukan bola2 daging (jangan langsung diaduk, biarkan sesaat hingga bola2 kokoh), aduk sesekali hingga kering atau agak basah sesuai selera ajja ea moms (kalo basah namanya masi kalio ea moms) sajikan dg nasi putih anget,, hmmm nikmat moms...

Rendang dari Sumatera Barat bisa dikreasikan jadi bentuk lain yang mudah dimakan, seperti bola-bola daging. Bikin rendang begini kalo lagi hemat.heheh beli daging giling di supermarket ga nyampe setengah kilo dibikin rendang begini jadinya banyak.asal bikin buletannya jangan yang gede gede ya.hehehhe Rendang bola-bola kambing Padang? Satu variasi menggiurkan yang terinspirasi resep tradisional khas Minang dan cocok untuk suasana Idul Adha. Di kala daging kambing masih banyak tersedia dimana-mana, resep rendang jenis ini wajib hukumnya untuk dicoba! Variasi masakan kambing mungkin tidak sekaya ayam ataupun daging lainnya, meskipun ini di Indonesia.