Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep: Pepes/brengkesan tempoyak ikan patin Simpel

Pepes/brengkesan tempoyak ikan patin. Pepes Ikan Patin Meanggunakan Tempoyak / fermentasi buah durian, cara masak di kukus atau di panggang menggunakan daun pisang. Brengkes ikan patin adalah salah satu makanan yang berasal dari kota Palembang. dengan cita rasa dan aromanya yang khas membuat semua yang menikmatinya ketagihan. Brengkes sendiri dalam bahasa Palembang yang artinya pepes atau bahasa dusun nya yaitu paisan.

Pepes/brengkesan tempoyak ikan patin RESEP BRENGKES, PEPES ATAU PAIS IKAN PATIN TEMPOYAK. Sebuah makanan bila dikombinasikan dengan rasa khas durian memang memberikan citarasa yang sangat mengagumkan. Begitu juga dengan masakan yang dikombinasikan dengan tempoyak. Anda dapat membuat Pepes/brengkesan tempoyak ikan patin memanfaatkkan 9 bahan dan 5 langkah-langkah. Inilah cara memasaknya.


Pepes/brengkesan tempoyak ikan patin

Bahan yang digunakan membuat Pepes/brengkesan tempoyak ikan patin

  1. Anda memerlukan 1 ekor >> ikan patin ukuran sedang (potong2).
  2. Siapkan 1 lbr >> daun kunyit (sobek2).
  3. Gunakan Secukup >> nya daun pisang(untuk membungkus).
  4. Gunakan >> Bumbu halus :.
  5. Gunakan 5 bh >> cabai merah.
  6. Anda memerlukan 10 bh >> cabe rawit merah.
  7. Anda memerlukan 1 btg >> serai.
  8. Gunakan 2 sdm >> tempoyak(durian yang di fermentasi).
  9. Siapkan >> Gula dan garam (sesuai selera).

Pepes Ikan Patin Meanggunakan Tempoyak / fermentasi buah durian, cara masak di kukus atau di panggang menggunakan daun pisang. Set The Patins ni mengandungi seekor ikan patin yg dah siap dibersihkan, pes tempoyak, bunga kantan dan daun kesum. Proses fermentasi yang dilalui tempoyak durian memberikan rasa asam, gurih, dan wangi yang unik. Campur rata bumbu halus dan tempoyak.

Prosedurmembuat Pepes/brengkesan tempoyak ikan patin

  1. Blender jadi satu bumbu halus.
  2. Lumuri ikan dengan bumbu halus dan daun kunyit.
  3. Bungkus dengan daun pisang.
  4. Lalu kukus hingga matang kalau habis d kukus langsung dmkn jg bs mau di panggang lagi jg boleh,punya saya tak panggang lagi.
  5. Angkat dan sajikan dengan nasi hangat,maaf ini habis saya cicipin hehe enk si soal nya.

Lumuri ikan patin dengan bumbu tempoyak. Pada dasarnya ikan patin adalah hewan yang aktif pada malam hari, omnivor dan terkadang muncul ke permukaan. Biasanya danau, sungai, waduk dan muara-muara menjadi habitat dari ikan ini. Pepes tempoyak (fermented durian paste pepes). Pepes products are typically consumed with steamed rice.