Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat Sambal Udang Tempoyak Lezat

Sambal Udang Tempoyak. Tempoyak merupakan makanan yang biasa dijumpai di daerah Sumatra dan Kalimantan. Tempoyak nan lezat dan aromanya yang khas hanya menjadi hidangan khas di beberapa daerah terutama daerah yang subur penghasil durian (duren). Sambal ini mengandung belacan atau udang yang dilumatkan.

Sambal Udang Tempoyak It can be made into a whole different dish by adding other ingredients, such as sambal goreng ati (mixed with diced liver) or sambal goreng udang (added with. Sambal tempoyak memiliki rasa asam pedas, berasal dari sambal yang melewati proses fermentasi. Tumis udang atau ikan teri dan petai sebelum dicampurkan dengan sambal tempoyak. Anda dapat membuat Sambal Udang Tempoyak memanfaatkkan 7 bahan dan 5 langkah-langkah. Inilah cara memasaknya.


Sambal Udang Tempoyak

Bahan yang dipakai membuat Sambal Udang Tempoyak

  1. Anda memerlukan 4-6 buah >> udang.
  2. Siapkan 3 siung >> Bawang merah.
  3. Anda memerlukan 1 siung >> Bawang putih.
  4. Siapkan 5 buah >> Cabe rawit.
  5. Anda memerlukan 2 buah >> Cabe keriting.
  6. Anda memerlukan 2 sendok teh >> Tempoyak durian.
  7. Gunakan secukupnya >> Garam dan gula.

Resep Udang Goreng Tepung Udang Goreng Crispy Super Kriuk. Salah satu menu andalan sambal ala rumahan adalah sambal goreng ati. Agar sambal goreng ati tidak amis di lidah, penting buatmu untuk menggunakan asam jawa dan gula jawa yang cukup. Kelezatan olahan berbahan dasar seafood memang menjadi salahsatu yang banyak diminati oleh orang-orang.

Tata caramemasak Sambal Udang Tempoyak

  1. Haluskan bawang merah, bawang putih dan cabe..
  2. Tumis bumbu halus sampai wangi.
  3. Masukan udang. Tumis sebentar sampai udang berubah warna..
  4. Tambahkan air 100 ml. Tunggu sampai agak mendidih masukan tempoyak..
  5. Tambahkan garam dan gula. Aduk sebentar sambil koreksi rasa. Biarkan sampai masakan mendidih dengan api kecil sekitar 2 menit. Angkat dan sajikan..

Berbicara mengenai olahan laut, salahsatu jenis bahan yang cukup. Tempoyak adalah jenis makanan dari bahan dasar buah durian atau duren fermentasi yang dapat diolah menjadi makanan. Resep Sambal Tempoyak Cara memasak atau mengolah Tempoyak. Masukkan udang dan dikacau rata semua bahan. Rasa sambal, jika kurang masam baru ditambah sedikit asam keping atau jus limau nipis.