Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep: Pepes ikan patin tempoyak (asam durian) tapi gak pake daun 😁 Enak

Pepes ikan patin tempoyak (asam durian) tapi gak pake daun 😁. Pepes ikan patin tempoyak merupakan makanan khas yang berasal dari daerah kota jambi. Selanjutnya adalah tempoyak, yang merupakan bahan dasar dari durian yang diambil dagingnya, kemudian disimpan atau dimasukan kedalam wadah yang baik dan bersih seperti toples agar. Bahan utama tempoyak adalah durian masak pohon atau durian yang agak berair.

Pepes ikan patin tempoyak (asam durian) tapi gak pake daun 😁 Rasa asam kabarnya berasal dari tingginya kadar Lactic Acid Bacteria (LAB) yang terbentuk saat proses. Masukkan bahan bumbu sedikit, kemudian ikan patin, selanjutnya bumbu halus lagi hingga rata. - Setelah selesai bungkus pepes daun pisang dengan bantuan tali rafiah. Set The Patins ni mengandungi seekor ikan patin yg dah siap dibersihkan, pes tempoyak, bunga kantan dan daun kesum. Anda dapat membuat Pepes ikan patin tempoyak (asam durian) tapi gak pake daun 😁 memanfaatkkan 11 bahan dan 5 langkah-langkah. Inilah langkah masaknya.


Pepes ikan patin tempoyak (asam durian) tapi gak pake daun 😁

Bahan yang diperlukan memasak Pepes ikan patin tempoyak (asam durian) tapi gak pake daun 😁

  1. Anda memerlukan >> Ikan patin 750 gr (dipotong).
  2. Siapkan >> Kemangi 10 batang ambil daunnya.
  3. Anda memerlukan >> Tempoyak (durian yg udah difregmentasi 2 minggu) 5 sendok makan.
  4. Gunakan >> Bahan.
  5. Anda memerlukan 5 >> Cabe merah.
  6. Siapkan 7 >> Bawang merah.
  7. Anda memerlukan >> Kunyit seujung kuku telunjuk.
  8. Anda memerlukan 1 sendok makan >> Gula pasir.
  9. Gunakan 1 bungkus >> royko.
  10. Gunakan 1 bulat >> Jeruk nipis.
  11. Gunakan 3 sendok makan >> Cuka makan.

Tuangkan bahan-bahan di atas daun pisang, masukkan ikan patin, ratakan bumbu dengan. Lumuri ikan patin dengan bumbu tempoyak. Tempoyak juga dapat dimakan langsung, tetapi hal ini jarang sekali dilakukan karena banyak yang tidak tahan dengan keasaman Citarasa dari Tempoyak adalah asam, karena terjadinya proses fermentasi pada daging buah durian yang menjadi bahan bakunya. Ikan Patin - Ikan patin merupakan salah satu ikan yang asli dari perairan Indonesia.

Prosedurmemasak Pepes ikan patin tempoyak (asam durian) tapi gak pake daun 😁

  1. Ikan patin udah dipotong dan dicuci, kasih perasan jeruk nipis dan cuka makan biar amis.
  2. Bumbu yg udah dicuci halus kan (bawang merah, cabe, kunyit).
  3. Siap kan wajan masukan bumbu aduk aduk masukan kemangi ikan gula royko masak selama 5 menit.
  4. Lalu angkat tarok dimangkok lanjut siapkan kukusan trs pepes yg udah dimangkok siap tarok dikukusan kukus selama 30 menit ketika udh 30 menit angkat yaaa.
  5. Dan sajikan.

Ikan ini telah didomestikasi sehingga sudah menjadi ikan lokal dari Indonesia. Pada punggung patin terdapat sirip lemak yang berukuran sangat kecil. Bagian ekor ikan patin membentuk cagak yang simetris. Namanya adalah pepes ikan patin tempoyak, masakan khas nusantara ini memiliki rasa dan aroma yang sangat lezat. Selain itu, ikan patin juga mengandung protein lebih banyak disbanding dengan ikan tawar lainnya.