Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Memasak Sambal Tempoyak (Asli Palembang) Lezat

Sambal Tempoyak (Asli Palembang). Sambal tempoyak khas palembang ini rasanya enak sekali, cita rasa asam durian yang sudah difermentasi (tempoyak) dipadu dengan bumbu-bumbu yang pas sedap. Di Palembang, tempoyak dimasak dengan campuran daging ayam. Di Lampung, tempoyak menjadi bahan dalam hidangan seruit atau campuran untuk sambal.

Sambal Tempoyak (Asli Palembang) Namun bisa juga dipadukan dengan lauk sehari-hari lainnya. Sangat nikmat bila disantap dengan nasi putih hangat. Bagi masyarakat Melayu di Bengkulu, Palembang, Lampung, Kalimantan dan Semenanjung Tempoyak biasa dikonsumsi sebagai lauk saat menyantap nasi. Anda dapat memasak Sambal Tempoyak (Asli Palembang) menggunakan 9 bahan dan 7 langkah-langkah. Inilah cara masaknya.


Sambal Tempoyak (Asli Palembang)

Bahan yang digunakan memasak Sambal Tempoyak (Asli Palembang)

  1. Siapkan 1 kg >> ikan patin.
  2. Gunakan 100 gram >> tempoyak.
  3. Gunakan 2 batang >> serai.
  4. Siapkan 1 ruas >> kunyit.
  5. Gunakan >> Cabai secukupnya (sesuai selera).
  6. Siapkan >> Minyak untuk menumis.
  7. Siapkan secukupnya >> Air.
  8. Siapkan secukupnya >> Garam.
  9. Anda memerlukan >> Gula secukupnya (optional).

Jika mendengar kata sambal, pasti di pikiran kebanyakan orang berbentuk basah. Sambal Tempoyak Ummi merupakan RAJA segala sambal.. Sambal Tempoyak Ummi ni boleh dimakan terus bersama nasi sebagai penambah selera ataupun boleh dimasak pelbagai hidangan contohnya seperti pais tempoyak atau gulai tempoyak. Di Palembang sendiri, sambal ini menjadi teman dari sup pindang atau bahkan lauk seperti ayam goreng plus nasi hangat.

Caramembuat Sambal Tempoyak (Asli Palembang)

  1. Bersihkan ikan dan potong sedang atau sesuai selera.
  2. Haluskan kunyit dan cabai, kemudian pukul cincang serai.
  3. Panaskan minyak dan tumis bumbu hingga wangi.
  4. Masukkan tempoyak dan berikan air secukupnya.
  5. Masukkan ikan dan masak hingga matang dan pastikan rasanya sudah pas.
  6. Tambahkan garam, gula.
  7. Sambal tempoyak siap dihidangkan.

RESEP SAMBAL - Nggak lengkap rasanya kalau makan nggak pakai sambal. Siapkan saja yuk bahan-bahannya kalau kamu ingin membuat tempoyak di rumah. Pertama, kamu harus membuat dulu tempoyaknya, siapkan durian yang sudah matang dan. Makanan asli palembang ini berupa kue manis terbuat dari tepung ketan dan santan. Engkak ketan banyak ditemui di setiap rumah warga palembang pada Sambal ini berbahan baku buah durian yang biasanya dihidangkan bersama dengan pindang.