Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep: Tahu bandung bumbu tempoyak Mudah

Tahu bandung bumbu tempoyak. Tempoyak atau tempuyak adalah masakan yang berasal dari buah durian yang difermentasi. Tempoyak merupakan makanan yang biasanya dikonsumsi sebagai lauk saat menyantap nasi. Tempoyak (Jawi: تمڤويق), asam durian or pekasam is a Malay condiment made from fermented durian.

Tahu bandung bumbu tempoyak Tempoyak merupakan hasil fermentasi dari buah durian yang sudah matang. Dulu banget, pas masih sekolah, sempat praktek lapangan di Jambi. Sama ibu kantin dimasakin ikan bumbu tempoyak. Anda dapat memasak Tahu bandung bumbu tempoyak memanfaatkkan 11 bahan dan 3 langkah-langkah. Inilah langkah memasaknya.


Tahu bandung bumbu tempoyak

Bahan yang dipakai membuat Tahu bandung bumbu tempoyak

  1. Gunakan 10 bh >> Tahu bandung.
  2. Anda memerlukan 2 sdm >> Tempoyak.
  3. Anda memerlukan 5 bh >> Bawang merah.
  4. Siapkan 3 bh >> Bawang putih.
  5. Anda memerlukan 3 butir >> Kemiri.
  6. Gunakan 1 ruas >> Kunyit.
  7. Gunakan 1 btg >> Sereh.
  8. Anda memerlukan secukupnya >> Garam.
  9. Gunakan secukupnya >> Gula.
  10. Siapkan 8 bh >> Cabe rawit merah utuh buat pelengkap.
  11. Anda memerlukan secukupnya >> Air.

Kami para peserta yang dominan asli Jawa. Menurut situs Wikipedia Kupat tahu adalah makanan tradisional Indonesia yang berbahan dasar ketupat, tahu yang telah digoreng, dan juga saus bumbu kacang siram. Tempoyak ini banyak dijumpai di daerah sumatera dan juga di Kalimantan. Namun tridak perlu kuatir untuk membuat ikan patin tempoyak sebetulnya untuk aroma wangi dan sedap bisa digantikan dengan daun kemangi ataupun daun salam karena fungsinya memang sama agar masakan menjadi harum.

Langkah-langkahmemasak Tahu bandung bumbu tempoyak

  1. Tahu digoreng setengah matang lalu sisihkan.
  2. Tumis semua bumbu dan tempoyak tambahkan sereh lalu beri air kurleb ½ gelas kecil tambah garam dan gula secukupnya..sesuai selera yaa.
  3. Jika sudah mendidih masukan tahu dan cabe rawit utuh,,masak sampai air surut..bole icip rasa..angkat jika sdh matang tahu tempoyak nya siap di hidangkan.

Jawa Timur memang terkenal memiliki resep ayam bumbu rujak yang khas. Kalau Anda penasaran bagaimana cara masak resep tersebut, ikuti saja Sementara kalau hanya ikannya saja, mungkin bisa habis dalam sekali suap. Begitu pula fungsinya membawa pulang resep ayam bumbu rujak yang. Sambal Tempoyak Muda merupakan salah satu sambal yang mempunyai banyak penggemar. Dari sabang sampai merauke pasti sudah mengenal Sambal Tempoyak Muda.