Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Gampang Menyiapkan Tempoyak (fermentasi durian) Sederhana

Tempoyak (fermentasi durian). Tempoyak atau tempuyak adalah masakan yang berasal dari buah durian yang difermentasi. Tempoyak merupakan makanan yang biasanya dikonsumsi sebagai lauk saat menyantap nasi. Tempoyak adalah masakan yang berasal dari buah durian yang difermentasi.

Tempoyak (fermentasi durian) Tempoyak atau durian fermentasi banyak digunakan sebagai pelengkap makanan dan bisa dikatakan Tempoyak sama fungsinya seperti sambal. Bahan utama tempoyak adalah durian masak pohon atau durian yang agak berair. Daging buah durian perlu dihaluskan dan diberi garam agar proses fermentasinya lebih cepat. Anda dapat membuat Tempoyak (fermentasi durian) menggunakan 3 bahan dan 2 langkah-langkah. Inilah langkah masaknya.


Tempoyak (fermentasi durian)

Bahan yang diperlukan membuat Tempoyak (fermentasi durian)

  1. Gunakan Secukupnya >> daging buah durian.
  2. Anda memerlukan Secukupnya >> garam untuk fermentasi.
  3. Gunakan >> Wadah kedap udara (rapat).

Tempoyak, Fermentasi Durian dengan rasa unik. Dibuat dari durian yang difermentasi sehingga aromanya menyengat dengan cita rasa khas. Tempoyak atau yang memiliki nama panggilan pekasam merupakan makanan yang bahan dasarnya adalah durian. Kuliner ini salah satu makanan yang di fermentasi dengan buah durian.

Prosedurmemasak Tempoyak (fermentasi durian)

  1. Kumpulkan daging buah durian, buang bijinya. Tambahkan garam secukupnya (kira2 sesuai dengan daging buah durian yang ada). Kemudian tutup rapat. Untuk hasil maksimal baru bisa dibuka dalam waktu 1 minggu.
  2. Selamat mencoba.

Tempoyak (Jawi: تمڤويق), asam durian or pekasam is a Malay condiment made from fermented durian. It is usually consumed by the ethnic Malays in Maritime Southeast Asia, notably in Indonesia and Malaysia. Pengolahan durian secara. fermentasi memanfaatkan jelek untuk fermentasi. Sebagai makanan hasil fermentasi, pembuatan tempoyak melibatkan sejumlah mikroorganisme penghasil asam laktat. Pengolahan Durian yang dilakukan dengan cara fermentasi dikenal dengan nama Tempoyak, Pikel Durian, Pekasam (Aceh) atau Durian Asam (Sumatera Barat).